Senin, 14 November 2016

Cara Menjaga Kelestarian Terumbu Karang



Cara Pertama adalah menjaga kebersihan pesisir pantai, tidak membuang sampah di sungai, tidak mencari ikan dengan cara pemboman, jangan mengambil karang untuk ditanam sebagai penyerap air di daratan, mengenalkan karang pada anak-anak dan sosialisasi fungsinya pada orang dewasa.


Cara kedua yakni tidak membuang sampah ke sungai, karena jika hal tersebut selalu dilakukan maka tidak ada yang akan sampai ke laut.


Cara ketiga yaitu dengan tidak melakukan penangkapan ikan lewat pemboman, karena itu sudah pasti akan merusak terumbu karang. Sebab, sebab tidak hanya ikan yang mati tapi terumbu karang hancur.


Cara keempat  adalah dengan tidak mengambil karang di laut untuk dibawa dan ditanam ke daratan sebagai penyerap air di tanah, karena akan merusak karang dan menyebabkan siklus hidupnya hancur sama sekali, akibatnya yang rugi adalah manusia juga.

Cara kelima adalah dengan sosialiasi secara terus menerus kepada orang dewasa dengan fungsi karang bagi manusia, terutama masyarakat pesisir, sebab di situ menjadi tempat hidup dan berkembangnya jutaan spesies ikan, yang akan membawa keuntungan bagi manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar