Sabtu, 12 November 2016

Merawat dan Menjaga Kelestarian Hutan
mari kita jaga kelestarian hutan kita


Eksploitasi hutan yang terus menerus berlangsung sejak dahulu hingga kini tanpa diimbangi dengan penanaman kembali, menyebabkan kawasan hutan menjadi rusak. Pembalakan liar yang dilakukan manusia merupakan salah satu penyebab utama terjadinya kerusakan hutan. Padahal hutan merupakan penopang kelestarian kehidupan di bumi, sebab hutan bukan hanya menyediakan bahan pangan maupun bahan produksi, melainkan juga penghasil oksigen, penahan lapisan tanah, dan menyimpan cadangan air.
Adapun cara-cara yang dapat kita lakukan untuk menjaga/merawat kelestarian hutan:

1.Tidak Membuang Sampah Sembarangan di Dalam Hutan
Contoh kecil dan nyata yang seringkali para remaja atau manusia lakukan adalah dengan tanpa atau juga dengan sengaja membuang puntung bekas hasil dari pembakaran rokok dengan santainya di hutan. Jika hutan dalam keadaan yang tidak baik maka api kecil ini dapat membuat hutan menjadi terbakar.

2.Tebang Pilih

Cara ini memang hanya menjadi teori saja pada beberapa dunia pendidikan tetapi jika Anda memang salah seorang yang mencintai hutan maka Anda harus bisa menerapkan teori ini ke dalam keadaan nyata. Pohon memang memiliki fungsi untuk diambil manfaatnya, meskipun demikian Anda juga perlu menanam kembali pohon yang telah Anda tebang agar keesokan hari dapat tumbuh dan digunakan untuk cucu dan anak Anda kelak. Mengingat pertumbuhan dari pepohonan yang dirasa cukup membutuhkan waktu yang cukup lama maka hal ini merupakan salah satu langkah yang tepat.

3.Penebangan Pohon Secara Konservatif.
Cara penebangan pohon ini dilakukan dengan cara yaitu memilih menebang pohon yang sudah tidak berproduktif atau tua. Jangan sampai pohon yang masih terlalu muda Anda tebang sehingga menimbulkan dampak yang membuat pohon tua dan tidak berguna memenuhi hutan.

4.Reboisasi
Kita dapat melakukan kegiatan ini dengan cara menanam kembali beberapa pohon yang telah habis dengan beberapa bibit pohon yang masih baru. Cara ini selain dapat melestarikan kembali hutan yang telah gundul, hal ini juga bertujuan untuk mencegah adanya kelongsoran yang diakibatkan oleh hutan yang gundul.

Itu tadi beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk menjaga kelestarian hutan, masih banyak beberapa cara juga yang dapat kita lakukan. Pembahasan saya cukup disini. Terima Kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar